Mengenai Saya

Foto saya
Jambi, Jambi, Indonesia
wonderful life starts from a wonderful heart

26 April 2011

MENCARI PELUANG



Pernah tinggal di luar negeri dan mencicipi pendidikan di sana adalah kesempatan yang tidak diperoleh banyak orang. Namun jangan cepat merasa puas karena di Indonesia, prestasi seperti itu belum tentu dihargai. Anda yang seorang master tamatan luar negeri tapi begitu balik bekerja di kantor anda yang lama, anda pun kembali ke posisi lama. Mengharapkan promosi, masih jauh panggang dari api.

Bagi yang bekerja di perusahaan swasta, disarankan untuk pindah ke perusahaan lain yang bersedia menghargai anda sesuai dengan edukasi yang anda miliki. Namun jika anda seorang pegawai negeri, keputusan untuk berhenti jadi PNS dan pindah ke perusahaan lain adalah keputusan yang cukup sulit. Status PNS memiliki gengsi sendiri walau perjalanan karir di sini sering mengecewakan karyawan yang cemerlang.

Agar kehidupan sebagai PNS tidak terlalu membuat anda buntu, anda harus mahir bermain hati dan otak.  Bermain hati artinya jangan dimasukkan  ke dalam hati semua yang menurut anda tidak pantas dan tidak patut. Biar saja atasan anda bodoh dan malas, jangan menuntut dia untuk merubah style nya itu karena kemungkinan besar dia memang bodoh dan malas serta tidak mau mengembangkan diri. Mudah-mudahan dia akan tersingkir segera karena siapa pun yang membacking dia akan capek dengan sendirinya.

Uang adalah masalah yang krusial. Anda tahu gaji sebagai PNS tidak besar. Semakin banyak anda terlibat dalam kegiatan di kantor maka akan semakin banyak juga pendapatan di luar gaji. Namun anda harus hati-hati dan selektif jangan sampai terlibat korupsi dan penyalahgunaan wewenang atau di-kambinghitamkan oleh rekan kerja yang culas.

Sebagian penghasilan yang anda peroleh tidak salahnya anda gunakan untuk membiayai diri anda memperoleh pendidikan lain yang mungkin anda butuhkan seperti disain grafis atau melukis. Bertambah keterampilan akan membuka peluang baru bagi anda.

Jangan pernah menolak jika atasan anda menugaskan dinas luar. Inilah adalah kesempatan gratis untuk menambah wawasan dan memperluas pertemanan dengan orang-orang yang mungkin menduduki posisi penting di kantornya. Anda dapat belajar dari mereka. Suatu saat nanti mereka bisa jadi sebagai pemberi rekomendasi untuk jenjang karir yang lebih tinggi. 

Ada cara lain untuk menembus kebuntuan karir. Sering-seringlah membuka  internet, melihat peluang kursus singkat atau beasiswa ke LN. Sebagai seorang alumnus universitas LN, english tidak lagi menjadi problem bagi anda. Jendela sudah terbuka lebar, anda bisa memetik kesempatan lain yang tidak ditawarkan oleh kantor anda saat ini tanpa mengorbankan status sebagai PNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar